Friday, May 4, 2007

Peduli Kesehatan Dengan Blog, Apa Bisa?

Pernahkah anda merasa malas pergi ke dokter karena harus antri dan menunggu lama di ruang tunggu dokter hanya untuk mendaptakan informasi tentang kesehatan? Agaknya dokter pun menyadari hal tersebut dan dengan cara membuka blog, komunikasi antara dokter dan pasien dapat dilakukan secara virtual.

Walaupun tidak dimaksudkan sebagai dasar diagnosa dan keputusan kesehatan tetapi paling tidak akan terjadi hubungan yang saling percaya, saling jujur dan saling menghormati antara dokter dan pasien. Pasien dalam hal ini pengunjung blog tidak perlu mengelurkan duit (gede). Cukup duduk di depan PC dan membayar biaya koneksi internet saja, toh kalau tidak ingin berlama-lama halaman bisa di save-as dan dibaca secara off-line.

Seperti yang dilakukan oleh drg. Evy Indriani V. Sp.BM , seorang ibu yang sekaligus merangkap sebagai Dokter gigi spesialis Bedah Mulut dan Maxillofacial. Blog-nya “Senyum itu Sehat” awalnya dibuat untuk mahasiswa dan pasien yang sering tanya via email, dari pada bolak balik bertanya akhirnya disarankan untuk membaca blog ini terlebih dahulu.

Dengan disertai foto ilustrasi, materi yang disampaikan berupa informasi mengenai kesehatan gigi, penyakit serta kelainan di dalam mulut dan rahang. Artikel-artikelnya ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami. Tengok saja artikel dengan judul “Mengajar anak balita menggosok gigi”, Tulisan ini berisi tips untuk para orang tua agar dapat dengan mudah mengajarkan anak balitanya untuk merawat gigi sedini mungkin. Dokter cantik yang saat ini bermukim di Amerika Serikat ini juga menyediakan ruang diskusi bagi pengunjung blog. Jadi kalau anda ingin mengetahui tentang kesehatan gigi dan mulut sekaligus berkonsultasi,silahkan klik saja ke http://senyumsehat.wordpress.com

Di Cirebon, Jawa Barat, dr. Basuki Pramana http://basukipramana.blogspot.com menuliskah hubungan nyata keseharian dokter-pasien. Salah satu tulisannya “Serba Instan” menceritakan perilaku beberapa pasien yang inginnya serba cepat, tidak mau menunggu dan suntik minded. Gaya penulisan yang santai membuat pembaca blog lebih mudah memahami istilah kesehatan, salah satunya “Melatonin” yang merupakan catatan perjalanan beliau sekaligus menjelaskan fungsi dan manfaat hormon Melatonin bagi kesehatan tubuh.

CakMoki Blog, dikelola oleh dr. Hatmoko dan mengambil tema keseharian beliau, kesehatan masyarakat dan seputar informatika kedokteran. Sengaja membuat blog karena minat dan kecintaannya di bidang yang satu ini, lebih-lebih setelah beberapa teman sejawatnya menuliskan perkembangan dan aplikasi informatika kedokteran sebagai upaya perbaikan mutu layanan kesehatan, yang menurutnya masih jauh dari harapan.

Dokter yang tinggal di Kalimantan Timur ini, berusaha menulis dalam bahasa umum agar bahasa medis yang biasanya masih terdengar “aneh” serta membosankan mudah dipahami oleh siapapun dan bidang kedokteran tidak lagi menjadi sesuatu yang “menakutkan” sehingga diharapkan bisa terjalin komunikasi dengan banyak pihak. “nge Blog, jangan lupa jaga kondisi” merupakan salah satu artikel yang berisi tips untuk para blogger agar tidak melupakan kebugarannya saat melakukan aktifitas ngeBlog. Bagi pengunjung selain dapat memberikan komentar, sekaligus bisa bertanya tentang masalah kesehatan yang tidak dipahaminya. Hmm.. anda masih penasaran dengan istilah-istilah kedokteran? dan apapula yang dimaksud dengan hamil anggur, hamil diluar kandungan? pengen tahu? klik http://cakmoki86.wordpress.com

Dari Semarang, dr. Iwan Setyawan http://www.dokteriwan.com memblogkan tulisannya seputar kesehatan reproduksi dan seksual yang ditujukan kepada masyarakat umum. Untuk menghindari penyalahgunaan blog, pengelola telah memberikan peringatan di awal halaman bahwa : “Segala tips maupun solusi tentang hubungan seks, ditujukan hanya untuk pasangan yang telah menikah (suami istri). Sedangkan bagi remaja, hanya dengan iman dan taqwa kepada Tuhan YME lah yang akan membuat terhindar dari perilaku seks bebas”.

Selain untuk pasangan suami istri, dokter yang menjadi narasumber di beberapa radio dan tv lokal ini juga memberikan porsi tulisan untuk remaja. “Apakah renang bisa menyebabkan hamil?”,”Pentingnya bicara seks bareng ortu”, sampai “Boleh gak sih pacaran?” adalah beberapa contoh artikel yang ada di blog beliau. Bosan hanya membaca? Anda bisa mendengarkan suara dr. Iwan di http://dokteriwan.multiply.com

Tidak kalah menariknya dengan blog diatas, anda bisa mengunjungi http://lakshminawasasi.blogspot.com (Ini Blog Bedah Banget), http://tonangardyanto.blogspot.com (Rumah Dokter) dan http://arifianto.blogspot.com (A Doctor’s Journal). Nah, bagaimana dengan anda, apakah masih segan mengunjungi dokter dan tidak peduli dengan kesehatan anda?

3 komentar:

Evy., DDS., OMFS said...

Waah diem2 ngintip blog-ku ternyata ya...hehehe.. terimakasih ya sudah di referensi dan salam kenal..semoga rajin nulis :)

andri said...

Hwehehehe... malu aku, akhirnya ketahuan juga sama bu dokter. trimakasih dukungannya ya bu :)

Basuki Pramana said...

Makasih sudah pernah berkunjung ke Blog saya juga ke Blog-blog dokter lainnya.

Berbuat baik dengan memberikan segala informasi bagi orang lain, tidak ada salahnya bukan?

Juga hobi menulis sangat menunjang ngeBLog. he..he..