Tuesday, July 17, 2007

Mengukur Kemampuan Dengan Try Out SPMB Online

Setelah begitu lama cemas dan dag-dig-dug, bagi kamu yang menjadi peserta Ujian Akhir Nasional (UAN) untuk tingkat SMA akhirnya bisa merasa lega juga karena kamu telah di nyatakan lulus ujian. Kelulusan bukanlah puncak dari perjuangan, karena bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) perjuangan kamu malah baru saja dimulai.

Tentunya berbagai macam persiapan untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang telah di depan mata sudah kamu lakukan, mulai dari belajar mandiri di rumah, mengikuti bimbingan belajar, sampai mencoba soal try out SPMB.

Ada kabar baik buat kamu yang ingin mencoba soal try out SPMB alternatif. Primagama dan Sijiwae.Net mempunyai website yang bisa digunakan untuk Try Out Online via Internet. Dengan mengakses http://umptn.sijiwae.net , kamu bisa mengerjakan 150 nomor soal-soal uji coba SPMB. Fasilitas try out ini diberikan gratis dan bisa kamu nikmati dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Manfaat yang diperoleh adalah selain bisa menguji kesiapan dalam mengikuti SPMB, kamu juga bisa mengukur kemampuan kamu dibandingkan dengan pesera try out yang lain. Selain website tersebut, masih ada www.Smu-Net.com yang merupakan situs pembelajaran jarak jauh. Website tersebut juga memberikan fasilitas try out SPMB dan akan kita bahas di akhir artikel ini.

Registrasi
Untuk mendaftarkan diri, berikut ini caranya : setelah masuk pada halaman utama http://umptn.sijiwae.net , akan dijumpai form member login bagi kamu yang telah terdaftar, untuk yang belum terdaftar klik link ”Belum Terdaftar? Jangan Panik! Daftar sekarang!” atau klik pada menu ”Daftar”. Pada halaman berikutnya kamu diminta untuk melakukan klik pada link ”Tunggu apa lagi? Ayo segera daftarkan dirimu lewat 3 langkah mudah!”.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi User ID yang akan berfungsi sebagai identitas di website ini dan dapat di pergunakan untuk mengakses fasilitas try out. Langkah kedua adalah mengisi formulir untuk mencatat data-data pribadimu pada database website. Sedangkan langkah ketiga atau yang terakhir adalah adanya ucapan selamat bergabung sebagai tanda bahwa kamu sudah bisa menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

Gimana udah gak sabar mau nyoba soal try out? Sabar ya... setelah mempunyai User ID dan password, kamu dapat mengisikannya di form member login pada halaman utama http://umptn.sijiwae.net kemudian klik tombol ”GO!”. Soal-soal try out berada pada halaman ”Ruang Kelasku”. Saat masuk ke halaman ”Ruang Kelasku” kamu di minta memilih terlebih dahulu soal yang akan kamu kerjakan, yaitu soal kemampuan IPA atau soal kemampuan IPS.

Setelah memilih jenis soal, barulah muncul halaman website yang memuat soal-soal try out SPMB. Untuk bisa memberikan jawaban kamu harus mengklik tombol "Lembar Jawaban". Perlu diketahui bahwa website ini memuat 30 halaman yang terdiri dari 150 soal dan untuk berpindah ke halaman soal selanjutnya, kamu bisa mengklik nomor urut halaman soal yang kamu inginkan. Setelah selesai menjawab, tekan tombol submit pada lembar jawaban dan untuk menutup lembar soal, klik ”Keluar”.

Sekarang tiba saatnya untuk melihat nilai skor dari soal yang telah kamu kerjakan. Untuk melihat skor sekaligus peringkat nilainya dari seluruh peserta try out, silahkan klik ”Papan Skor”.

Pembelajaran Jarak Jauh
Masih kurang puas dengan try out dari website di atas? tenang... masih ada satu lagi website yang bisa kamu gunakan untuk menjajal kesiapan kamu dalam menghadapi test SPMB.

Smu-Net.Com adalah salah satu website pembelajaran jarak jauh yang sekaligus menyediakan soal try out SPMB. Ketika masuk ke halaman utamanya, kamu bisa langsung klik link "Try Out SPMB”. Kamu disarankan untuk memilih mempelajari materi yang akan diujikan terlebih dahulu dengan cara klik link ”Materi”, setelah itu baru memilih latihan soal. Yang unik ketika jawaban yang di berikan ternyata salah, secara otomatis akan diberikan jawaban dan penjelasan yang benar terkait soal tersebut. Nah, selamat mencoba dan sukses buat kamu. (Andrianto Kurniawan, http://a-kurniawan.blogspot.com)

Catatan :
Artkel ini pernah dimuat pada rubrik Konek, Harian Suara Merdeka Minggu Tanggal 23 Juni 2007.



1 komentar:

SPMB CPNS said...

coba juga try out spmb di www.ujianku.com gratis