Saturday, September 29, 2007

Adzan Digital di Bulan Ramadhan

Tak terasa bulan suci Ramadhan telah tiba, tentunya bulan yang penuh rahmad dan anugrah ini telah dinanti-nantikankan oleh pemeluk agama Islam di seluruh dunia. Bukan hanya menahan rasa lapar dan haus saja yang harus dilakukan umat muslim, tetapi perilaku yang baik, amal dan ibadah juga harus ditingkatkan. Tetapi, pernahkah anda dimasa lalu mengalami kejadian lupa sholat di bulan puasa karena kesibukan anda dalam bekerja?

Software Adzan Otomatis dari www.IslamicFinder.Org adalah solusinya. Software ini akan memperdengarkan gema adzan di komputer secara otomatis jika telah tiba waktunya sholat, 5 kali setiap harinya dan dapat digunakan di lebih dari 6 juta kota di seluruh dunia, termasuk kota – kota di Indonesia.

Pertanyaan terbesarnya adalah sejauh mana keakuratan software ini sehingga bisa tepat dengan waktu sholat? Pengembang software adzan ini mengklaim bahwa tingkat keakuratannya telah mencapai 99,9 persen dan hal tersebut dapat mereka ketahui dari respon yang didapat dari pengguna software ini dari seluruh penjuru dunia. Untuk mudahnya, anda juga dapat menilai tingkat keakuratannya dengan cara membandingkan waktu maghrib pada software ini dengan waktu maghrib di area tempat tinggal anda.


Berikut ini adalah pengalaman dari salah satu blogger pengguna software adzan yang beralamatkan di http://fafank130.multiply.com : “(Merupakan) software Adzan dan ada estimasi arah qiblat untuk banyak sekali kota-kota di dunia. Insya Allah bermanfaat untuk sahabat yang berada di luar negeri terutama di negara - negara non muslim dan minim masjid. Saya sendiri cukup mengandalkan software ini untuk mengetahui waktu sholat, dan Alhamdulilah waktunya lumayan tepat dengan yang dikeluarkan oleh KMII-Jepang... “


Download

Software berukuran 6,9Mb ini dapat didownload secara gratis dan dapat berjalan pada sistem operasi Windows 98, NT, ME, 2000 dan XP. Selain itu, untuk dapat berfungsi dengan baik software ini juga membutuhkan sound card, spiker dan aplikasi Windows Media Player pada komputer anda.


Untuk mendownload langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik http://www.IslamicFinder.org/athanDownload.php

  2. Setelah halaman download terbuka, klik tombol “Athan Download Basic”

  3. Isikan alamat e-mail dan lokasi negara tempat anda tinggal.

  4. Pada halaman berikutnya, akan diberikan 4 alternatif server. Abaikan link “Download from Server 1”

  5. Klik pada salah satu link antara “Download from Server 2” s.d “Download from Server 4”

  6. Kemudian pilih “Save” dan tunggu proses download sehingga nantinya kita akan mendapatkan file dengan nama “AthanBasic4.Exe”.


Installasi

Sedangkan untuk melakukan installasi dengan menggunakan file tersebut, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu, pastikan tanggal dan jam pada sistem operasi Windows anda sudah tepat. Karena software adzan ini menggunakan sistem penanggalan pada komputer.

  2. Pada jendela Windows Explorer, klik ganda pada file “AthanBasic4.Exe” tersebut.

  3. Kemudiaan akan ditampilkan kotak dialog setup “Assalamu Alaikum!”, kemudian klik tombol “Next”

  4. Pada kotak dialog “License Agreement”, pilih opsi “I Agree to the terms of this license agreement”, kemudian klik tombol “Next”

  5. Tentukan folder untuk keperluan installasi, klik “Next”, kemudian tunggu proses installasi berjalan.

  6. Setelah proses installasi selesai, klik tombol “Finish”

  7. Kemudian anda diminta untuk menentukan bahasa yang akan dipakai oleh software adzan ini dan klik tombol “OK”

  8. Pada kotak dialog berikutnya, tentukan nama negara dan kota tempat tinggal anda dan klik tombol “Save”.


Hmm… sekarang proses installasi dan setting software adzan telah selesai dan untuk mengetahui, apakah software ini dapat berjalan secara otomatis atau tidak? anda dapat mengatur jam pada sistem komputer menjadi 1 menit lebih awal dari waktu sholat yang ditampilkan pada software tersebut dan seharusnya setelah satu menit secara otomatis gema adzan sudah dapat anda dengarkan.


Jika anda ingin berpindah kota tempat tinggal atau sekedar ingin mengetahui waktu sholat di kota lain di dunia, langkahnya : klik menu “Options”, pilih “City Selection”. Kemudian pada kotak dialog “Change City” pilih lokasi kota tujuan anda. Jika belum tercantum, tambahkan dengan cara klik tombol “Add New City”, kemudian pilih kembali nama negara dan kota sesuai keinginan anda.


Untuk mengetahui arah qiblat, pada tampilan utama software adzan klik link “Qiblah Direction”. Link tersebut berada pada bagian “Location”.


Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi akan terlupa dalam menjalankan ibadah sholat 5 waktu dan software ini juga dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. (Andrianto Kurniawan – http://a-kurniawan.blogspot.com )


Update : menjelang Lebaran, tentunya kita ingin mempunyai cukup uang untuk merayakannya. bersama keluarga. Nah, ada tips untuk mendapatkan dana sehingga lebaran ini dan setelahnya anda tetap mempunyai uang yang banyak. Tertarik? klik disini untuk mendapatkan petunjuknya.

NB :

Artikel diatas telah diterbitkan pada rubrik konek Harian Suara Merdeka Minggu 16 September 2007

0 komentar: